Sebagian
orang menganggap bahwa hal yang tersulit dalam pekerjaan adalah
beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Besarnya kesulitan beradaptasi
melebihi berat tantangan pekerjaan itu sendiri. Lingkungan pekerjaan
yang baru akan selalu menanti, karena kita tidak lepas dari pekerjaan
yang berhubungan dengan mutasi, promosi jabatan, perpindahan tempat
kerja atau seseorang yang baru memasuki dunia kerja.
Hal-hal apa saja yang harus kita menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru? Hal yang paling utama adalah beradaptasi dengan orang-orang yang lebih dulu berada disana. Walaupun, kita berada pada posisi yang lebih tinggi dari orang-orang ini, kita harus pandai bagaimana menempatkan diri pada posisi yang tepat. Biasanya, “orang lama”, tidak menyukai “pendatang baru” yang sok tahu, banyak bicara dan lain-lain. Sebagai orang baru ditempat kerja, kita semestinya mengambil hati orang-orang lama ini, untuk membantu kita menyesuaikan diri ditempat kerja. Ya, mungkin sebagai orang baru, lebih banyak mengalah, merendah diri, walaupun pada dasarnya, tahu yang mana yang terbaik. Pada tahap penyesuiakan diri, belum waktunya untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, kalau bisa kemampuan itu disembunyikan sebagai senjata untuk menaklukkan orang-orang lama dikemudian hari.
Hal-hal apa saja yang harus kita menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru? Hal yang paling utama adalah beradaptasi dengan orang-orang yang lebih dulu berada disana. Walaupun, kita berada pada posisi yang lebih tinggi dari orang-orang ini, kita harus pandai bagaimana menempatkan diri pada posisi yang tepat. Biasanya, “orang lama”, tidak menyukai “pendatang baru” yang sok tahu, banyak bicara dan lain-lain. Sebagai orang baru ditempat kerja, kita semestinya mengambil hati orang-orang lama ini, untuk membantu kita menyesuaikan diri ditempat kerja. Ya, mungkin sebagai orang baru, lebih banyak mengalah, merendah diri, walaupun pada dasarnya, tahu yang mana yang terbaik. Pada tahap penyesuiakan diri, belum waktunya untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, kalau bisa kemampuan itu disembunyikan sebagai senjata untuk menaklukkan orang-orang lama dikemudian hari.
Orang
baru yang sombong, sok pintar, banyak bicara, biasanya tidak betah
ditempat kerja baru, karena lingkungan kerja akan merespon dengan sikap
yang sama. Mungkin ini adalah hal yang paling menyakitkan dan hal yang
paling sulit jika lingkungan kerja baru tidak mau menerima kita. Hanya
ada dua pilihan pada posisi ini, bertahan dengan berkonfrontasi dengan
orang-orang lama yang lebih mengetahui medan, atau pindah dan kabur.
Biasanya,
jika orang lama yang tidak menyukai pendatang baru, bersikap acuh tak
acuh, bahkan ada yang usil atau dengan mengetes kemampuan orang baru.
Sebagai orang baru, tidak ada salahnya dan mungkin lebih adaptif jika
bertanya dan mengangkat sedikit ego orang lama yang bersikap begini.
Tiada salah jika bersikap lugu, seakan-akan tidak tahu apa-apa, seraya
membaca situasi yang ada, untuk mempersipkan jurus yang tepat untuk
menaklukkan mereka. Ingat sekali lagi bahwa, kemampuan kita, jangan
sekali-kali diekspos pada periode ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar