Jumat, 05 Oktober 2012

ADAPTASI DILINGKUNGAN KERJA BARU

Sebagian orang menganggap bahwa hal yang tersulit dalam pekerjaan adalah beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Besarnya kesulitan beradaptasi melebihi berat tantangan pekerjaan itu sendiri. Lingkungan pekerjaan yang baru akan selalu menanti, karena kita tidak lepas dari pekerjaan yang berhubungan dengan mutasi, promosi jabatan, perpindahan tempat kerja atau seseorang yang baru memasuki dunia kerja.

Hal-hal apa saja yang harus kita menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja baru? Hal yang paling utama adalah beradaptasi dengan orang-orang yang lebih dulu berada disana. Walaupun, kita berada pada posisi yang lebih tinggi dari orang-orang ini, kita harus pandai bagaimana menempatkan diri pada posisi yang tepat. Biasanya, “orang lama”, tidak menyukai “pendatang baru” yang sok tahu, banyak bicara dan lain-lain. Sebagai orang baru ditempat kerja, kita semestinya mengambil hati orang-orang lama ini, untuk membantu kita menyesuaikan diri ditempat kerja. Ya, mungkin sebagai orang baru, lebih banyak mengalah, merendah diri, walaupun pada dasarnya, tahu yang mana yang terbaik. Pada tahap penyesuiakan diri, belum waktunya untuk menunjukkan kemampuan yang sebenarnya, kalau bisa kemampuan itu disembunyikan sebagai senjata untuk menaklukkan orang-orang lama dikemudian hari.
Orang baru yang sombong, sok pintar, banyak bicara, biasanya tidak betah ditempat kerja baru, karena lingkungan kerja akan merespon dengan sikap yang sama. Mungkin ini adalah hal yang paling menyakitkan dan hal yang paling sulit jika lingkungan kerja baru tidak mau menerima kita. Hanya ada dua pilihan pada posisi ini, bertahan dengan berkonfrontasi dengan orang-orang lama yang lebih mengetahui medan, atau pindah dan kabur.
      Biasanya, jika orang lama yang tidak menyukai pendatang baru, bersikap acuh tak acuh, bahkan ada yang usil atau dengan mengetes kemampuan orang baru. Sebagai orang baru, tidak ada salahnya dan mungkin lebih adaptif jika bertanya dan mengangkat sedikit ego orang lama yang bersikap begini. Tiada salah jika bersikap lugu, seakan-akan tidak tahu apa-apa, seraya membaca situasi yang ada, untuk mempersipkan jurus yang tepat untuk menaklukkan mereka. Ingat sekali lagi bahwa, kemampuan kita, jangan sekali-kali diekspos pada periode ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar