Selasa, 27 Desember 2011

MENGATASI JENUH SAAT BEKERJA

MENGATASI JENUH SAAT BEKERJA

Mengatasi Jenuh Saat Kerja – Tentu pernah mendengar istilah ‘boring to death’ kan? Meskipun terdengar sepele, namun rasa bosan seringkali terasa bisa benar2 ‘membunuh’. Selain kerja kita menjadi tidak produktif, pengaruhnya pada tubuh juga buruk, sama halnya seperti saat Anda mengalami stress di tempat kerja. Belum lagi dampak emosional seperti mau ‘keluar’ atau resign dari pekerjaan karena sudah jenuh.
Tapi, jangan kuatir, kamu tidak sendirian. Siapapun pernah mengalaminya. Rasa bosan dan jenuh disaat bekerja memang hampir tidak terelakkan dalam setiap pekerjaan baik itu diposisi karyawan atau bos sekalipun. Tidak hanya disebabkan oleh kerja yang monoton yg rutin kita kerjakan setiap hari, pekerjaan yang kurang menantang pun ternyata bisa menimbulkan kejenuhan dalam bekerja. Lalu kalau sudah begini mau gimana dong? Ga mungkin kan kita pindah kerjaan biar ga bosen?
Oke, pada dasarnya otak manusia selalu membutuhkan stimulasi dan tantangan. Yang menjadikan kita bersemangat mengerjakan tugas baru, karena otak bekerja untuk mengatasi tantangan yang diberikan. Setelah kita menguasai tugas baru tersebut, antusiasme kita kerap turun, timbullah rasa jenuh karena otak secara otomatis hanya tinggal mengulang saja.

Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi Jenuh Bekerja


1.Temukan hal-hal yang baru terus menerus.
Bisa dimulai dengan hal sederhana misalkan merubah layout meja kerja kita, mengganti penampilan dan gaya kita, atau meminta tugas-tugas atau tanggung jawab baru pada atasan. Selain itu, bertemulah dengan orang-orang baru, perbanyak senyum, dan berinteraksilah dengan orang-orang di sekitar kamu, baik itu dengan atasan, teman kerja maupun bawahan dengan cara dan semangat yang baru.
2. Terus Belajar.
Otak kita perlu dipuaskan dan diisi dengan informasi-informasi baru. Pelajari hal-hal baru dalam pekerjaan kamu. Jika memungkinkan, ajukan permintaan untuk mengikuti pelatihan atau kursus khusus yg berhubungan dengan kerjaan. Mempelajari hal baru akan meningkatkan rasa percaya diri dan kesanggupan kita untuk melakukan tugas yang lebih menantang
3. Kreatif dan Proaktif.
Cari ide-ide segar untuk memperbaiki dan memperindah pekerjaan anda atau berikan masukan kepada rekan tim kerjaan dikantor anda untuk memasukan sesuatu.   Buatlah target kerja yang jelas dan menantang, dan jika Anda berhasil mencapai target ini, beri ‘hadiah’ pada diri Anda sendiri. Selain itu, meskipun ada prosedur dalam bekerja, jangan lupa memberi ‘sentuhan pribadi’ dalam pekerjaan. Jangan menunggu dan merespons hanya saat mendapat penugasan dari atasan. Cobalah lebih kreatif untuk mengembangkan baik itu pekerjaan yg sudah ada atau pekerjaan baru.
4. Alokasikan waktu untuk diri sendiri.
Hanya ‘hidup’ untuk pekerjaan akan mudah memicu kebosanan dan kejenuhan. Lakukan kegiatan yang kamu sukai sebelum berangkat kerja  seperti mendengarkan musik kesukaan, berolahraga untuk menciptakan mood positif sebelum mulai bekerja. Jika perlu ambil liburan atau cuti untuk memanjakan diri sendiri agar rasa penat hilang.
Semoga berhasil mengatasi jenuh bekerja dan kembali dapat menjalani kehidupan kerja efektif dan bahagia! Walau kadang terdengar ada beberapa poin diatas yang kurang kamu sukai, cobalah terlebih dahulu. Tetap semangat dalam melakukan pekerjaan yah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar